EnglishIndonesianPortuguese
Manggis, si Ratu Buah, Khasiat Ekstrak Kulit Manggis
Wednesday, June 14th 2017.

Berdasarkan hasil penelitian terbaru dikatakan bahwa manggis mengandung zat antioksidan yang sangat kuat yaitu xanthones.
Xanthones tidak ditemukan pada buah-buahan lain kecuali hanya pada buah manggis.

Zat Antioksidan sebenarnya terdapat secara alami dalam tanaman hutan hujan tropis, tetapi xanthones di kulit buah manggis bersifat antioksidan yang paling kuat.

 

Penelitian Manggis

Manfaat utama manggis sebagai antioksidan

  • Moongkardi P, Departemen Mikrobiologi, Fakultas Farmasi, Mahidol University, Thailand. 

Dari hasil penelitian diketahui bahwa ekstrak kulit buah manggis memiliki efek kuat dalam mencegah penyebaran sel kanker.

  • Matsumoto K, Gifu International Institute of Biotechnology, 1-1 Naka-Fudogaoka, Kakamigahara, Japan

manggis (Garcinia mangostana) dapat menghambat pertumbuhan sel penyakti leukemia jenis HI60.

  • Dalam penelitian yang dipublikasikan di Journal of Free Radical Research dan Journal of Pharmacology, xanthones dipercaya memiliki manfaat kesehatan terutama bagi kesehatan kardiovaskuler seperti mengatasi penyakit jantung , arterioklerosis, hipertensi, dan trombosis. (Trombosis bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah sehingga menghambat aliran darah. )

(Arterioklerosis adalah penebalan dan hilangnya elastisitas dinding pembuluh darah arteri. )

Aktivitas xanthones memberikan efek yang memperlebar pembuluh darah dan memperlancar aliran darah. Selain itu manggis juga kaya akan kalium, mineral yang berperan penting dalam metabolisme energi dan kesehatan jantung.

  • Hasil penelitian di Tokyo pada tahun 2003 menunjukkan xanthones memiliki efek anti bakteri yang dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti Mycobacterium tuberculosis (penyebab TBC) dan Staphylococcus aureus (penyebab infeksi dan gangguan pencernaan.)

Selain itu, manggis juga bermanfaat sebagai anti tumor, kanker, anti aging, mengobati hipertensi, immunostimulan (meningkatkan daya tahan tubuh), anti obesitas, anti virus, antibiotik, dan anti jamur.

Literatur :
1. J.Frederic Templeman, 2002, Mangosteen The X-Factor, Soundconcepts.
2. Noverina Anjelita, 2008, Manggis Ratu Buah yang Kaya Antioksidan, NIRMALA, Edisi Februari 2008, hal 39-41.
3. http://www.litbang.deptan.go.id

 

Sumber : https://www.borobudurherbal.com/artikel-kesehatan/manggis-si-ratu-buah-khasiat-ekstrak-kulit-manggis/

You must be logged in to post a comment.

5 Manfaat Belanja di Fohoosanmean.com Keamanan dan keaslian obat terjamin Fohoosanmean.com akan mengantar tepat waktu ke alamat yang Anda inginkan informasi obat dan pencegahan gangguan kesehatan terpercaya
Kenyamanan di ujung jari Anda. 'Klik', dan tunggu kurir di pintu rumah Anda Pilihan pembayaran yang aman, tak perlu khawatir berbelanja di Fohoosanmean.com
Follow Us